Cinta terbesar dan cinta hakiki bagi orang yang beriman ialah cinta kepada Allah. Sehingga cinta kepada Allah-lah yang seharusnya menjadi motivator terbesar dan tidak terbatas.

Sabtu, 14 Januari 2012

WIRAUSAHAWAN


Pengertian Wirausaha
·         Wirausaha adalah mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha meningkatkan hasil karyanya dalam arti meningkatkan penghasilan.
·         Wirausaha adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi tanpa memperhatikan sumberdaya yang mereka kendalikan.
·         Wira usaha adalah proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran.
·         Wirausaha adalah proses menciptakan suatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan dan disertai modal jasa dan resiko, serta menerima balas jasa, kepuasan dan kebebasan pribadi.
v  Yang dimaksud Wirausaha adalah.
1.       Wirausaha adalah mereka yang berhasil mendapatkan perbaikan pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsanya.
2.       Wirausaha adalah seorang pakar dirinya sendiri.
3.       Wirausaha adalah orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan-bahan baru.
4.       Wirausaha adalah orang yang berani memaksa-maksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain.
5.       Pandangan bagi seorang buisnismen adalah ancaman, pesaing baru juga bisa seorang patner, pemasok konsumen atau seorang yang bisa di ajak kerja sama.
6.       Pandangan menurut ekonomi adalah seorang yang atau kelompok yang mengorganisasi faktor-faktor produksi alam tenaga modal dan sekil untuk tujuan berproduksi.
7.       Pandangan menurut seorang pisikolog seseorang yang memiliki dorongan dari dalam untuk memperoleh suatu tujuan suka mengadakan experiment atau menampilkan  kebebasan akhirnya di liar kekuasaan orang lain.
Dan cirri-ciri orang wrausaha itu tidak tergantung pada orang lain dan tidak bergantung pada orang lain.
v  Pembinaan kemampuan kreatifitas
A.      Melatih kemampuan kreatifitas melalui pelatihan-pelatihan.
Pengertian kreatifitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara unsur data variable yang sudah ada sebelumnya.
B.      Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan atau karya nyata yang relatife berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
Keberhasilan seseorang untuk mengelola usahanya terletak pada sikap dan kemampuan berusaha serta mempunyai semangat etos kerja yang tinggi seorsng wirausaha itu terletak pada kreatifitas dan rasa percaya diri sendiri untuk maju dalam ber wirausaha.
Menurut A.roe manusia kreatif mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a.       Keterbukaan pada pengalaman.
b.      Melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa.
c.       Memiliki keingin tauan yang tinggi.
d.      Menerima dan menyesuaikan yang  kelihatannyaberlawanan.
e.      Dapat menerima perbedaan.
f.        Independen dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan.
g.       Membutuhkan dan menerima otonomi.
h.      Percaya pada diri sendiri.
i.         Tidak hanya tunduk pada standar dan pengawasan kelompok.
j.        Mau mengambil resiko yang telah diperhitungkan.
k.       Tekun.
Dengan mengembangkan kreatifitas yang tinggi seorang wirausaha dapat merombak dan mendorongnya di dalam pengembangan lingkungan usahanya menjadi berhasil. Dengan mengembangkan kreatifitas seorang wirausaha akan mampu :
                                    i.            Meningkatkan keterampilan.
                                  ii.            Meningkatakan mutu produk.
                                 iii.            Meningkatkan evesien kerja.
                                iv.            Meningkatkan inisiatif.
                                  v.            Meningkatkan  keunggulan.
Wirausaha yang kreatif dapat mencari informasi yang penting bagi usahanya itu:
1)      Infoarmasi tentang kepribadiannya dan kemampuan dirinya.
2)      Peluang usaha yang menguntungkan perusahaan.
3)      Kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk.
4)      Lingkungan usaha yang di hadapinya .
5)      Persaingan dalam dunia usaha.
6)      Peluang pasar.
7)      Pemasok barang dan lain-lain.

Seorang wirausaha yang kreatif selalu di hujani bahan-bahan informasi bisnis melalui televisi, surat kabar,majalah, percakapan dengan orang lain, laporan surat memo, pengumuman, selembaran, telpon dan sebagainya. Setelah cukup di peroleh informasi yang di butuhkan, selanjutnya kreatifitas seorang wirausaha perlu di ransang dan di pertajam dengan menggunakan pertanyaan.
Apa dan bagaimana seterusnya?
Mengapa seorang wirausaha perlu melakukan kreatifitas?
a)      Keberhasilan persaingan bisa di peroleh dengan mengembangkan daya kreatifitas.
b)      Kreatifitas merupakan sumber yang berharga dan harus di pelihara serta jangan di sia-siakan .
c)       Tantangan-tsntangan baru selalu muncul dan harus di hadapi dengan kreatifitas baru.
d)      Kreatifitas adalah gagasan yang tidak di ramaikan datang dan perginya serta mempunyai keunikan yang tinggi.
Kreatifitas dan intelegensi seseorang mempunyai perbedaan, orang yang kreatif belem tentu ber intelegensi tinggi dan sebaliknya. Para peneliti membuat 4 variasi hubungan kreatifitas dengan intelegensi yaitu:
a.       Kreatifitas rendah, intelegensi rendah.
b.      Kreatifitas tinggi, intelegensi tinggi.
c.       Kreatifitas rendah, intelegensi tinggi.
d.      Kreatifitas tinggi, intelegensi  rendah.
Pembinaan sikap jujur dalam ber wirausaha dapat dilaksanakan melalui berbagai jalan antaralain:
1.       Mengutamakan pembicaraan cara bergaul dengan akal pikiran yang positif.
2.       Pembinaan dengan cara menentukan dan menganalisis, kedudukan kita sendiri sebagai calon wirausaha.
3.       Pembinaan dengan jalan mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan dan keadaan yang sedang dihadapi.
4.       Pembinaan dengan membiasakan berbuat berencana dan wujudkan pada suatu kenyataan yang harus di ikuti keyakinan dan kesadaran.

v  Pembinaan kemampuan berkomunikasi
A.      Komunikasi dan persaratannya.
Pengertiaan komunikasi
                Wirausaha secara indifidu dikenali bukan dalam isolasi melainkan dalam berkomunikasi dan interaksi dengan pihak lain di luar dirinya sendiri.
Apa sebabnya? Karena wirausaha tidak hidup sendiri.
Komunikasi berasal dari kata “Communicare” (bahasa latin) yang artinya memberitahukan. Sedangkan menurut bahasa inggris di sebut “Communication” yang artinya suatu pertukaran informasi, konsep, ide, prasaan antara dua atau lebih. Menurut Oxford Dictionary komunikasi adalah pengiriman atau tukar menukar informasi, ide dan lain sebagainya. Sedangkan menurut Ensiklopedia komunikasi adalah penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta dari suatu pihak dalam suatu organisai.
Jadi sebenarnya komunikasi itu adalah proses pernyataan antara manusia.
                Sudah jelas bahwa salah satu yang paling penting bagi wira usahawan  untuk mendapatkan sukses di dalam bisnis adalah dengsn komunikasi dan interaksi. Jika tidak dapat berkomunikasi maka tidak mungkin bagi seorang wirausahawan dapat memperoleh kesempatan berbisnis baik untuk menciptakan ide-ide, gagasan, maupun cara mengembangkan usahanya.
Pengertian komunikasi adalah sebagi berikut:

a.       Komunikasi adalah suatu rangkaian kegiatan untuk menyampaikan warta dari seseorang kepada orang lain dalam usaha kerja sama untuk mencapai tujuan.
b.      Komunikasi adalah suatu proses dalam memberitahukan keterangan-keterangan mengenai buah pikiran yang saling diperlukan .
c.       Komunikasi adalah proses untuk menyampaikan keterangan dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.
Di dalam pembinaan kemampuan berkomunkasi ada 3 aspek antaralain:
a.       Berkomunikasi di pandang sebagai proses.
b.      Berkomunikasi harus menyangkut manusia dan bukan manusia.
c.       Berkomunikasi harus menyangkut informasi.

B.      Syarat-syarat berkomunikasi
a.       Pesan yang di sampaikan hendaknya dapat membangkitkan pribadi pihak sasaran dan menyarankan beberapa cara untuk memperolehnya.
b.      Pesan yang di sampaikan harus di rancang terlebih dahulu dan di sampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian sasaran yang di maksud.
c.       Pesan yang di sampaikan harus menggunakan tanda-tanda yang di sesuaikan dengan pengalaman yang sama antara yang member pesan, dan orang yang menerima pesa, sehingga sama-sama mengerti.
d.      Pesan yang disampaikan hendaknya mewujudkan dan menunjukan suatu jalan untuk memperoleh keinginan yang layak.
Komunikasi ada 3 macam:
1.       Komuniasi tertulis adalah komunikasi menggunakan lambang  atau huruf.
2.       Komunikasi lisan adalah komunikasi berbentuk pembicaraan langsung, ceramah, diskusi  kelompok dsb.
3.       Komunikasi gambar, komunikasi yang berbentuk gambar.


Melakukan komunikasi Efektif.
Setiap orang dapat berkomunikasi dengan intensitas kemampuannya yang sedang menyala dan kecerdasan imajinasidalam ber wirausahawan. Berkomunikasi secara Efektif akan menghasilkan buah pikiran yang positif untuk memecahkan permasalahannya , diantaranya:
a)      Memberi kesempatan bicara kepada lawan bicara.
b)      Bertatap muka secara sopan dan ramah tamah.
c)       Berbicara secara jelas, di mengerti dan jangan berbisik.
d)      Menghayati pokok permasalahan yang akan disampaikan.
e)      Menghimpun karakteristikwira usaha yang berhasil di dalam usahanya.

v  Pembinaan kemampuan berinovatif
Meningkatkan inovatif
Hidup adalah suatu perjuangan yaitu berfikir dan bekerja keras guna mendapatkan kemenangan hidup lahir dan batin.
Seoang wirausaha yang kreatif dan inovatif akan mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi bisnis pada jaman sekarang.
Beberapa hal yang harus di jadikan dasar untuk meningkatkan kemampuan inovatif produk dan layananya adalah sbb.
1.       Berorientasi kepada tindakan untuk berinovatif.
2.       Butuh produk dengan penuh inovatif dengan proses   secara sederhana dan dapat dipahami serta di kerjakan.
3.       Mulailah membuat produk dengan inovatif yang terkecil.
4.       Menentukan tujuan dalam berinovatif .
5.       Menjalankan uji coba dan merevisinya.
6.       Mulailah belajar berinovasi dari pengalaman.
7.       Mengikuti jadwal yang sudah di tentukan di dalam berinovatif.
8.       Menghargai karyawan yang memiliki gagasan inovatif.
9.       Mempunyai keyakinan dan kerjanya penuh inovatif dan resiko.
Menrapakan kemampuan ber inovatif.
                Seorang wirausaha yang berinovatif tinggi di kenal mempunyai kemampuan menggabungkan imajinasi dan pikiran kreatif secara sistematif dan logika.
Dalam prosesnya ada 4 jenis inovatif:
1)      Invensi (penemuan).
2)      Ektensi (pengembangan).
3)      Duplikasi (penggandaan).
4)      Sintesis.
Faktir-faktor yang mendukung untuk terciptanya keberhasilah penerapan kemampuan inofatif-inofatif menurut James Brian Quinn (1955) sbb.
1.       Iklim inovasi dan visi.
2.       Orientasi pasar.
3.       Organisasi yang tetap datar dan kecil.
4.       Proses belajar interaktif.

v  Pengamatan kegiatan Wirausahawan
ü  Kegiatan usaha seorangWirausahawan
1.       Prilaku dan sikap seorang tokoh Wirausahawan.
Pada umumnya orang berpendapat bahwa kegiatan dalam usaha pada dasarnya di sebabkan oleh 3 faktor yaitu:
a.       Kurangnya dana untuk modal usaha.
b.      Kurangnya pengalaman dalam bidang usaha.
c.       Tidak adanya perencanaan yang tepat dan matang.
Para wirausaha selalu mengabdi kepada Masyarakat, bangsa, dan negaranya dalam mewujudkan kemakmuran dengan tekad.
a.       Memperluas kesempatan kerja bagi rakyat banyak.
b.      Memperkecil sifat ketergantungan terhadap Negara-negara asing .
c.       Memenuhi dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.
d.      Menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas kemampuan sendir.
Hasil pengamatan kegiatan usaha seorang wirausahawan pada umumnya pada bidang:
a.       Industri dan perdagangan.
b.      Pertambangan dan energy.
c.       Pemberian jasa.
d.      Agraria.
e.      Koperasi.
f.        Pariwisata dan perhotelan.
Wirausahawan di dasarkan pada hal-hal berikut:
1.       Menjalkan kegiatan usaha didasarkan pada.
a.       Bakat yang dimilikinya.
b.      Kemampuannya.
c.       Kerja keras penuh kesungguhan.
2.       Bekerja dengan penuh keyakinan, iman dan bertawakal.
3.       Bekerja dengan penuh semangat, tekun, dan tekad yang terarah.

Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan wirausahawan adalah sbb:
a.       Tipe orang-orang yang ulet dan pekerja keras serta mempunyai tujuan dan dedikasi yang tinggi.
b.      Tipe orang-orang yang mempunyai komitmen tinggi untuk mencapai tujuan dan berperstasi bagi perkembangan usahanya.
c.       Ada dukungan faktor eksternal berupa permintaan akan barang dan jasa.

2.       Aspek-aspek karakteristik wirausahawan.
Syarat utama untuk menemukan kebenaran mengenai karakteristik seorang wirausahawan ada kerendahan hati .
Karakteristik seorang wirausaha yang positif akan lebih cepat tumbuh apabila.
a.       Seorang wirausaha memiliki model positif untuk diteladani.
b.      Seorang wirausaha mempunyai nilai yang kuat untuk mengambangkan karakteristik yang baik.
c.       Seorang wirausaha harus mempelajari karakteristik positif jika ia sudah berhasil.
Seorang wirausaha yang sukses salah satu kuncinya adalah harus mempunyai karakteristik yang baik dan menarik, serta simpatik.
Aspek-aspek karakteristik seorang wirausaha yang perlu di kembangkan diantaranya.
a.       Kjujuran dan tanggung jawab.
b.      Ketahanan fisik dan mental .
c.       Berkemauan keras.
d.      Berkeyakinan kuat.
e.      Kesabaran dan ketabahan.
f.        Sifat dan watak berkepribadian yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar